UM Buka SD Laboratorium Standar Internasional di Blitar

11903697_699227620221955_5249445916941640143_n

Sebuah terobosan baru kembali dilaksanakan Universitas Negeri Malang (UM) di Blitar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. UM telah membuka sekolah dasar berstandar internasional atau lebih di kenal SD Laboratorium.

Pembukaan SD Labaroratorium berstandar internasional ini  lokasinya berada di Jl. Ir. Sukarno Nomor 1 kota Blitar dan  di launching oleh Rektor UM, Prof. Dr .H. Suparno yang juga penggagas pendirian SD Laboratorium pada pertengahan Juli 2009. Pada acara tersebut dihadiri oleh Pembantu Rektor IV, Drs, H. Isnandar, M.T, Direktur Unit Pengembangan Sekolah Laboratorium (UPSL) Dr. H. Sulton M.Pd, Pembantu Dekan II FIP, Drs. Ahmad Samawi, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD), Kepala SD Lab. Blitar, Sunarto Hapyoso, dosen PGSD, wali murid dan para undangan.

SD Lab. bekerja sama dengan Cambridge University terutama dalam hal penerapan metode pembelajaran dan kurikulum. Khususnya matapelajaran matematika, sains dan Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional.

SD Lab. UM di Bltar ini ditunjang fasilitas yang komplit dan canggih seperti penggunaaan LCD proyektor, penyampaian pelajaran dengan full Bahasa Inggris. SD Lab. optimis dapat meningkatkan sumber daya manusia dan siap berkompetisi di dunia internasional.

Pada akhir semester akan dilaksanakan dua jenis ujian, untuk internasional mengacu pada Cambridge University, dan untuk ujian nasional berpedoman pada kurikulum nasional.

Dalam sambutannya Rektor UM, Prof. Dr. H. Suparno mengatakan, “Berdirinya SD Laboratorium di kota Blitar ini menjadikan UM lebih kental lagi dengan pelayanan masyarakat terutama pendidikan. UM sendiri nantinya diharapakan dapat mencetak calon guru yang unggul dan profesional. “Intinya, SD Lab. UM yang bertempat di kota Blitar ini menjadi sekolah standart internasional pertama yang berkualitas. Selain itu, dapat dimanfaatkan dosen untuk melakukan penelitian pembelajaran yang sesuai bagi anak,”kata Rektor.

Meski internasional, lanjut Rektor, “SD Laboratorium ini tetap menjunjung tinggi nasionalisme dan pendidikan yang berlaku di Indonesia. (Hmid)

Related Blogs

Leave us a Comment