SMA Lab UM Jadi Project Lesson Study Dosen Se-Indonesia

Screenshot_37

Dosen-dosen Peserta Lesson Study  Ikut Masuk Kelas Untuk Melihat Kegiatan Belajar Mengajar di SMA Lab UM.

Malang Kota – Ini menjadi bukti bahwa kualitas SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang (SMA Lab UM) sudah diakui di tingkat Nasional. Kemarin (29/8) sekolah yang berada di Jalan Bromo itu menerima kunjungan dari 60 dosen di sejumlah perguruan tinggi di tanah air.

Dosen-dosen itu berasal dari berbagai disiplin keilmuan. Ada geografi, sejarah, matematika, bahasa Jerman, hnga ilmu pengetahuan sosial (IPS). Para dosen itu merupakan peserta program Direktorat Pendidikan Tinggi yang melibatkan UM sebagai pelaksana bimbingan teknis Lesson Study for Learning Comunity (LSLC) gelombang II.

Kepala SMA Lab UM Rosdiana Amini M.Pd mengungkapkan lesson study berbeda dengan supervisi klinis. Meski sama-sama open class, lesson study fokus pada guru yang mengajar. “Sejatinya, sejak 2005 kami sudah menerapkan lesson study untuk guru mapel. Jadi, seperti kita membuat group work masing-masing mapel, untuk melaksanakan fase pertama lesson study, mulai dari plan, do, dan see’, jelasnya.

Rosdiana melanjutkan, SMA Lab UM saat ini sudah melaksanakan lesson study face dua. Dimana pembelajaran tak hanya melaksanakan plan, do, see, tetapi juga lebih fokus pada peningkatan kajian materi dan peningkatan pemberian hak belajar siswa. “Karena penekanan lesson sutdy, bukan lagi observer melihat gurunya mengajar. Tetapi bsgsimsnsn keaktifan dan belajar siswa di kelas,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini, setidaknya ada sejumlah 10 dosen atau observer yang masuk dalam satu kelas. Harapannya, setelah kegiatan ini dosen atau observer yang kembali ke wilayahnya, bisa menularkan kegiatan lesson study ini ke kampus, dosen lain, maupun sekolah mitra dari kampusnya.

“Selain itu, dengan kegiatan ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan kompetensi mengajar guru dan belajar siswa. Jadi, guru tidak malu-malu lagi mengajar, siapa pun masuk ke kelasnya sudah biasa,”paparnya.

(dikutip dari Koran Radar Malang 30 Agustus 2018).

Leave us a Comment