Outbound kelas 12 Persiapan UN 2016

outbound

SMA Lab UM Malang Melaksanakan Kegiatan OUT BOND Setiap Tahun Dalam Persiapan Menghadapi UN

outbound-1 outbound2

Dalam hitungan minggu, Ujian Nasional (UN) akan dilaksanakan. Tentunya persiapan untuk menghadapi UN sudah dilakukan berbulan-bulan, bahkan mungkin sejak peserta didik masuk menjadi peserta didik di suatu sekolah. Peserta didik diharapkan mampu memilih cara belajar yang efektif. Sementara guru diharapkan dapat memberikan stimulus, motivasi serta menjaga kondisi psikologi peserta didik. Biasanya memang terjadi penurunan kondisi psikologis pada peserta didik yang akan menghadapi UN. Ketakutan yang berlebihan akan skor minimal kelulusan UN biasanya yang menyebabkan hal ini terjadi.

Kondisi psikologis peserta didik bermacam-macam dalam menghadapi Ujian Nasional, hal ini disebabkan adanya dinamika psikis yang berbeda-beda dalam diri peserta didik. Peserta didik yang dinamika psikisnya baik tidak mengalami kecemasan atau ketakutan dalam menghadapi ujian nasional. Sebaliknya peserta didik yang dinamika psikisnya tidak baik akan mengalami kecemasan atau ketakutan dalam menghadapi Ujian Nasional.

Tujuan Outbond secara umum untuk menumbuhkan rasa percaya dalam diri guna memberikan proses terapi diri (mereka yang berkelainan) dalam berkomunikasi, dan menimbulkan adanya saling pengertian, sehingga tercipta rasa saling percaya antar sesama. Secara khusus tujuan Outbond training adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kemampuan mengenal diri dan orang lain.
  2. Melatih ketahanan mental dan pengendalian diri.
  3. Melahirkan semangat kompetisi yang sehat.
  4. Meningkatkan jiwa kepemimpinan.
  5. Meningkatkan kemampuan mengambil keputusan dalam situasi sulit secara cepat dan akurat.
  6. Membangun rasa percaya diri.

Meningkatkan rasa kebutuhan akan pentingnya kerja tim untuk mencapai sasaran secara optimal.

Blog Attachment

Related Blogs

Leave us a Comment