Pelatihan Penempatan Peserta Didik dalam Peminatan bagi Guru BK SMP Se-Malang Raya

Pemantapan Guru BK

KEGIATAN PELATIHAN PENEMPATAN PESERTA DIDIK DALAM PEMINATAN BAGI GURU BK SMP SE MALANG RAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Pemantapan Guru BK 1 Pemantapan Guru BK 2 Pemantapan Guru BK 3

Peminatan Belajar Peserta didik merupakan konsep atau terminologi baru yang digunakan dalam Kurikulum 2013, menggantikan konsep penjurusan yang digunakan dalam Kurikulum 2006 dan kurikulum sebelumnya. Peminatan belajar peserta didik dapat diartikan sebagai upaya yang berkesinambungan untuk mengadvokasi dan memfasilitasi perkembangan peserta didik, melalui  proses pengambilan pilihan dan keputusan oleh peserta didik, yang didasarkan atas pemahaman potensi diri dan peluang yang ada di lingkungannya..

Kegiatan peminatan belajar peserta didik sesungguhnya tidak hanya terjadi pada jenjang SLTA, tetapi merupakan proses yang sistematis dan berkesinambungan yang dimulai sejak peserta didik duduk di bangku sekolah. Guru BK sebagai salah satu personil sekolah memiliki peran yang cukup besar dalam memfasilitasi program peminatan bagi peserta didik. Dengan bekal wawasan, informasi dan pengetahuan yang mantap, Guru BK di SLTP dapat membantu mengarahkan atau merekomendasikan pilihan jurusan yang tepat, sehingga peserta didik tidak keliru mengarahkan bakat dan minatnya di jenjang studi lanjutan berikutnya. Selanjutnya tugas Guru BK di SLTA melanjutkan tugas Guru BK SLTP menghantarkan dan mempersiapkan peserta didik mencapai kemandirian dalam mencapai arah karir yang diinginkan sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Namun sejauh ini, masih banyak Guru BK yang belum melaksanakan tugasnya dengan baik. Berbagai macam sebab menjadi kendala, sehingga pelaksanaan di masing- masing sekolah masih bersifat fakultatif. Faktor penyebab yang paling banyak ternyata mereka bingung bagaimana cara membuat rekomendasi peminatan, karena ini dianggap hal yang baru. Hal lain yang menyebabkan mengapa Guru BK juga belum melaksanakan tugasnya, karena kepala sekolah belum memberikan tugas untuk melaksanakan prosedur peminatan.

Tujuan pelatihan Aplikasi Peminatan Bagi Guru BK SMP se Malang Raya yang diselenggarakan di SMA Laboratorium UM, adalah :

  1. Melengkapi pemahaman Guru BK SMP se Malang Raya tentang peminatan, sehingga mampu menginformasikan seluk beluk tentang peminatan dan lintas minat;
  2. Memberikan gambaran strategi implementasi pelaksanaan pilihan kelompok peminatan dan lintas minat;
  3. Menawarkan sebuah sarana yang lebih efektif dan lebih efisien dalam mengelola data peminatan peserta didik kelas IX dengan menggunakan aplikasi peminatan yang telah dikembangkan oleh Jurusan BK Universitas Negeri Malang.

Kegiatan Pelatihan Aplikasi Peminatan Bagi Guru BK SMP se Malang Raya ini ditargetkan akan diikuti oleh 50 peserta. Dengan pertemuan ini, diharapkan seluruh Guru BK SMP/MTS se Malang Raya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama tentang prosedur peminatan, dan memiliki aplikasi yang mudah digunakan dalam menyelesaikan pekerjaannya.

 (Humas SMA Lab UM: Dra. Jumiati, M.Pd)

Blog Attachment

Leave us a Comment