SMA Laboratorium UM Pacu Siswa Mandiri-Kreatif


Beragam kegiatan andalan yang dilakukan SMA Laboratorium UM untuk memacu kemandirian dan kreativitas siswa. Seperti student visiting, kemah bhakti Pramuka, Lab School Competition, hingga pengembangan diri. Program student visiting misalnya. Program kegiatan dalam rangka menumbuhkan kemandirian siswa dalam belajar, menumbuhkan kesadaran diri sebagai masyarakat belajar, dan meningkatkan pendidikan berwawasan global. Dengan program ini, SMA Laboratorium UM akan mampu meningkatkan citra sekolah, sebagai sekolah swasta yang memiliki visi dan misi yang baik, sehingga dapat dijadikan sebagai sekolah pilihan yang mampu bersaing dengan sekolah lain secara lokal, regional, maupun internasional. Student Visiting ini dirangkum dalam satu kegiatan kolaborasi antara SMA Laboratorium UM dengan Komisi Pendidikan KonsulatJenderal Indonesia-Thailand. Student visiting menekankan pada pembelajaran global (global learning) dan dilaksanakan setiap tahun.

Program Kemah Bhakti Pramuka. Semangat, kebersamaan, dan kesenangan bersatu padu dalam kegiatan Kemah Bhakti SMA Laboratorium UM. Kegiatan ini implementasi dari kurikulum 2013, dimana SMA Laboratorium UM sudah melaksanakan pada tahun pelajaran 2013/2014. Kemah Bhakti SMA Laboratorium UM dilaksanakan pada 2-4 Mei 2014 di Desa Wonorejo nilai sosial kemanusiaan, kemandirian, dan pengamalan nyata Dasa Dharma Pramuka. Dengan ini, SMA Lab UM sedikit membuktikan dan menggugurkan bahwa pramuka bukan kegiatan yang negatif atau hanya hura-hura semata.

Lab School Competition (LSC) SMA Laboratorium UM sebagai salah satu lembaga pendidikan formal sangat mendukung pengembangan bakat dan minat para peserta pendidik. guru-diskusi-smalabumSalah satu bentuk kegiatan untuk mewujudkan pemikiran itu, bersifat kompetitif, menghibur, berpedoman pada pola budaya nasional yang selama ini banyak dilalaikan, serta mengandung unsur pendidikan, SMA Laboratorium UM telah merancang kegiatan pengembangan diri siswa di bidang cipta, rasa, dan karsa itu melalui serangkaian kegiatan lomba-lomba, dalam sebuah acara, yaitu Lab School Competition. Dalam Lab School Competition para guru dan siswa yang tergabung dalam organisasi sekolah untuk mengadakan serangkaian kegiatan atau lomba, yaitu band, futsal, PASKI, dan robotik. Tujuan dari  LSC adalah mengembangkan dan menyalurkan bakat serta minat siswa-siswi SMP se-Malang Raya, khususnya dalam bidang seni, olah raga dan PASKI. Program pengembangan diri. Program ini diberikan untuk membekali siswa dalam persiapan ujian nasional.Tujuan program ini adalah membekali siswa secara mental untuk bisa berbuat jujur dan percaya diri. (*)

 

Leave us a Comment